Mengenal Tri Rna

Setiap manusia yang lahir di dunia memiliki hutang atau kewajiban, hutang atau kewajiban yang kita miliki tentu harus dibayar. Hutang kita dapat berbentuk materi dan non materi, sebagai pemeluk Hindu yang taat tentu kita mengetahui bahwa dalam ajaran agama Hindu terdapat hutang atau kewajiban yang kita bawa sejak lahir. Hutang atau kewajiban tersebut dikenal dengan sebutan Tri Rna.

Tri Rna berasal dari bahasa sansekerta dari kata Tri dan Rna, Tri artinya tiga, dan Rna artinya hutang atau kewajiban. Jadi Tri Rna artinya tiga hutang atau kewajiban yang dimiliki manusia yang dibawa sejak lahir. Hutang atau kewajiban manusia meliputi hutang jiwa kepada Sang Hyang Widhi, hutang hidup pada orang tua, dan hutang pengetahuan kepada para guru dan orang suci. Ajaran Tri Rna mengajarkan kita untuk mengetahui hak dan kewajiban kita dalam kehidupan, sehingga menuntun kita untuk menyadari bahwa hidup kita ini memiliki hutang atau kewajiban yang wajib kita bayar dan laksanakan.


Bagian-bagian Tri Rna

Dalam kehidupan sebagai manusia ada tiga kewajiban utama yang harus dilaksanakan. Tiga kewajiban yang dimaksud adalah :


  1. Dewa Rna adalah kewajiban untuk membayar hutang jiwa kepada Sang Hyang Widhi, sebab beliau yang memberikan kehidupan kepada seluruh makhluk hidup termasuk manusia.
  2. Pitra Rna adalah kewajiban untuk membayar hutang jasa atas pemeliharaan orang tua kepada kita, semenjak kita di dalam kandungan hingga kita memasuki masa berumah tangga.
  3. Rsi Rna adalah kewajiban untuk membayar hutang jasa atas pendidikan yang diberikan oleh para Rsi, orang Suci dan para guru, atas jasa beliau kita mampu memiliki pengetahuan hidup.